Focus Group Discussion Peta Real-Time Kebakaran Hutan

Dalam penanggulangan kasus kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, informasi mengenai kondisi terkini di lapangan dibutuhkan, terutama dalam penanganan keadaan darurat dan pencegahan terjadinya kebakaran yang lebih luas. Kegiatan FGD ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para ahli, akademisi, dan pihak penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan untuk berdiskusi dan menggali informasi apa saja yang dibutuhkan dari lapangan untuk kebutuhan penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia (baik yang sudah tersedia maupun yang masih dibutuhkan), sesuai dengan peran masing-masing instansi. Hasil diskusi ini akan diimplementasikan lebih lanjut ke dalam platform PetaBencana.id/forestfire yang berfokus pada crowdsourcing informasi lapangan terkait kebakaran hutan.

Diskusi ini mengundang pihak-pihak yang bergerak di bidang yang berhubungan erat dengan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Terutama bagi para pemangku kepentingan dan pengelola informasi kasus kebakaran, baik pada sebelum, saat, dan setelah peristiwa.

Pembahasan pada diskusi ini dititikberatkan pada:

  1. memetakan peran instansi terkait dalam penanganan kebakaran hutan dan upaya antisipasinya, termasuk cara kerja platform PetaBencana.id yang potensial untuk dimanfaatkan dalam penanganan kebakaran hutan tersebut,
  2. memetakan informasi apa yang diperlukan dan sudah tersedia ketika penanganan tersebut,
  3. memetakan alur pengumpulan dan penggunaan informasi kebakaran hutan beserta penanganannya terutama ketika situasi darurat, untuk menjadi basis tindakan penanganan kebakaran hutan.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.